Sabtu, 06 Juni 2009
Sunan Drajat
Sunan Drajat

Sunan Drajat adalah putera Sunan Ampel dengan Dewi Candrawati. Adiknya bernama Raden Makdum Ibrahim yang dikenal dengan nama Sunan Bonang. Nama Asli Sunan Drajat adalah Raden Qosim diminta ayahnya untuk berdakwah di sebelah barat Gresik. Di sana belum ada ulama yang menyebarkan agama Islam. Sebelum memulai perjalanan, Raden Qosim singgah di pesantren Sunan Giri di Gresik untuk memohon restu. Ia kemudian naik perahu menuju ke arah barat. Semula angin laut mendorong perahu dengan tenang. Tiba-tiba topan bertiup kencang. Dalam sekejap mata, topan itu menjadi badai yang dahsyat. Kilat sambung-menyambung.

Raden Qosim tak henti-hentinya berzikir. Perahu yang ditumpangi Raden Qosim akhirnya di hantam gelombang besar. Perahu itu oleng, lalu menghantam batu karang dengan keras. Ketika perahu menghantam karang, datanglah seekor ikan talang menghampiri Raden Qosim. Tadinya, ikan itu dikira serpihan badan kapal yang hancur. "hamba datang karena melihat perahu Raden Qosim mengalami musibah. Hamba hendak mengantar Raden ke tempat tujuan. Ke manakah Raden akan pergi"? tanya ikan talang. Raden Qosim menjelaskan bahwa ia kan pergi ke desa Jelag di daerah Banjarwati. "Baiklah, hamba akan mengantarkan Raden," kata ikan talang,. Raden Qosim berterima kasih seraya naik ke punggung ikan talang. Akhirnya ia tiba dengan selamat di daerah Banjarwati, kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

"Terima kasih wahai ikan talang, semoga Allah membalas kebaikanmu. Aku berjanji agar anak keturunanku tidak mengganggumu apalagi makan dagingmu. Bila mereka melanggar janji ini, mereka akan terkena penyakit yang tak tersembuhkan," ujar Raden Qosim. Sesampainya di darat, Raden Qosim bersujud syukur atas perlindungan Allah.

Kedatangan Raden Qosim disambut dengan gembira oleh masyarakat, lebih-lebih setelah mengetahui bahwa ia adalah putera Sunan Ampel. Raden Qosim lalu mendirikan surau sebagai tempat berdakwah. Caranya berdakwah luwes dan ramah. Setelah menetap selama setahun, Raden Qosim melanjutkan kegiatan dakwahnya ke sebelah selatan. Tiga tahun kemudian, ia mendapat petunjuk Allah untuk membangun tempat berdakwah yang lebih besar. Tempat yang dipilihnya agak tinggi, karena itu dinamai Dalem Dhuwur. Kalau Raden Qosim kemudian disebut Sunan Drajat, hal itu bukan saja karena pesantrennya yang ada di atas bukit, namun juga karena derajat ilmunya yang tinggi.

Sunan Drajat adalah wali yang hidupnya sangat sederhana. Walaupun demikian, ia tetap berusaha mencari rizki, yang kemudian digunakannya untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan. Maka ia dikenal sebagai wali yang sangat dermawan. Di antara ajaran-ajarannya, yang terkenal adalah sebagai berikut :

Berilah tongkat bagi yang buta
Berilah makan bagi yang kelaparan
Berilah pakaian bagi yang telanjang
Berilah tempat berteduh kepada yang kehujanan

Sunan Drajat menggunakan kesenian daerah untuk berdakwah. Di museumnya, tersimpan seperangkat gamelan yang pernah dipakainya. Sunan Drajat juga telah menciptakan Gending Pangkur yang hingg kini masih disukai orang-orang Jawa.

Maksud ajaran Sunan Drajat itu adalah : Pertama, agar kita sebagai manusia suka memberi petunjuk kepada yang tidak tahu atau tidak mengerti suatu hal. Memberikan pengertian dengan sabar dan telaten adalah satu cara yang harus digunakan orang tua dan guru untuk mendidik anak-anak.

Kedua, hendaklah kita dengan tulus ikhlas memberi pertolongan kepada yang miskin atau kekurangan makan, tanpa memperhatikan suku, agama, asal usul dan keturunan. Bantuan itu, Insya Allah, akan menghindarkan orang dari perbuatan jahat yang dilarang agama.

Nasihat ketiganya ialah ajakan bagi orang-orang yang belum berperilaku sopan santun dan lemah lembut. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu sering menemu orang yang kasar, kurang sopan, tidak acuh pada orang lain dan suka mementingkan diri sendiri. Menjadi tugas kitalah untuk memberi contoh bagaimana bersikap sayang, sopan dan menghargai orang lain.

Nasihat keempat Sunan Drajat ialah bila ada orang yang ditimpa bencana, kesulitan atau menderita kekurangan, hendaklah kita dengan senang hati memberi bantuan dan perlindungan.

Sesungguhnya, empat ajaran Sunan Drajat adalah hal yang perlu dilaksanakan setiap orang. Pemeluk agama apa pun seyogianya berusaha untuk melaksanakan ajaran itu. Terlebih para orang tua, guru maupun para pemimpin, agar mereka dapat menjadi teladan bagi anak-anak dan rakyat kecil.

Moral : Bila hidup di tengah masyarakat, hendaklah kita selalu menunjukkan sifat dermawan, kasih sayang, mau membantu orang yang menderita dan bersedia memberikan bimbingan kepada orang yang belum mengetahui kebenaran.

Label:

posted by Wisma Kalingga Community @ 11.34  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
 
Tentang R-25

Pemilik: Simax-Jiyah
Home: Jl Ambarukmo; Rt.11/04; CT Depok Sleman Yogyakarta 55281
Mau tahu R25 klik di sini
Jo Kelalen sing Kiye
Bagi temen2 R25 yg ingin mempublikasikan tulisan/gambar silahkan diposting sendiri, minta email dan paswordnya sama McAnam (admin 1) atau sama Fatin (Admin2). Silahkan posting dan berkomentar, jangan takut salah, santai aja kan ada admin :-)
Kategori
Postingan Sebelumnya
Arsip
Woro-woro
Cah R-25 kudu pangerten siji marang liyane. Nek ono sing lagi butuhake bantuan yo dibantu. Siji maneh, Cah R25 kudu ngikuti peraturan sing wis ditetepke lewat rembugan bareng. Nek durung duwe bojo yo ojo gowo wadon nang kamar; nek ra entuk go pemanas (dispengser dll) yo ojo nganggo, latihan hemat listrik ngono lo dab
Friendster&Penghuni R-25
Situs Blog Cah R-25
Buku Tamu



ShoutMix chat widget
Jumlah Pengunjung


Wisma Kalingga United

↑ Grab this Headline Animator

© Wisma Kalingga United